Para Pencari Ilmu & Hikmah

Ikon

Pencarian Tanpa Henti di Ujung Nafas yang Dititipkan

Akhir Sepenggal Nafas

Bulan Mei ini saya tutup dengan tujuh berita “kepulangan” kerabat-kerabat dekat. Mulai dari yang memiliki pertalian darah, hingga pertalian syahadat. Sungguh Allah sudah mengambil kembali jiwa mereka, namun kenangan tentang mereka masih tersimpan utuh dalam benak. Yang paling membuat saya sedih, adalah kepulangan tante yang sudah saya anggap ibu kedua. Selanjutnya adalah kepulangan sahabat saya yang hendak melangsungkan khitbah.

Berita “kepulangan” terakhir membuat saya tidak bisa tidur nyenyak. Dia adalah sahabat saya yang ingin sekali menyempurnakan separuh agamanya. Dan esok adalah hari paling mendebarkan baginya. Dia nyaris bingung hendak bicara apa katanya di depan orang tua sang calon. Antara bahagia dan deg-deg-an. Kurang dari semalam saja penantiannya itu, tapi Allah memilihnya untuk memanggilnya segera. Tidak Dia tunda barang sejenak, hingga sahabat saya ini merasakan apa yang dibayangkannya itu. *Allah memberikan pelajaran telak bagi saya atas berita ini*

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Filed under: Uncategorized, , , , , ,

Lentera Malam

“Siapa diantara kamu yang melihat kemungkaran, maka ubahlah hal itu dengan tangannya, apabila tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya. Dan bila sudah tidak mampu, maka ubahlah dengan hatinya. Dan demikian itu adalah selemah-lemah iman” (HR. Muslim)

Minggu malam kemarin saya pergi merapihkan rambut yang sudah panjang. Tidak nyaman rasanya memiliki rambut panjang. Mesti selalu menyisir setelah basuhan wudhu ke kepala memberantakkan sisiran rapihnya. Juga tidak nyaman dengan rambut halus yang sudah menyambung jambang di pinggir telinga dengan jenggot yang makin melebat. Temen kantor bilang sudah mirip Wolferine. Akhirnya malam itu pun saya pergi ke tukang pangkas rambut. (Btw meskipun namanya pangkas rambut “SAHABAT” tapi tetap saja kok harus bayar ya? ^_^ )

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , , , , , , ,

Ketika Rumput Bertasbih

Sejak film KCB (Ketika Cinta Bertasbih) digarap, telinga saya nyaris bosan mendengar kata-kata “KCB”. Mulai dari brosur, pamplet, kegiatan dan foto-foto saat audisi, make up artis, kaos-kaos, rencana launching, road show, press conference dan segala macamnya yang mau tidak mau saya dengar dan tidak sengaja saya baca. Seandainya saya bukan bintang KCB. Eh.. yang ini mah gak usah berandai-andai, lah wong saya memang bukan bintangnya kok. 😀

Tulisan saya ini bukan hendak memperbincangkan Cinta yang bertasbih. Karena saya sendiri tidak mengerti bagaimana tasbihnya cinta itu. Yang jelas kita mesti bersiap-siap agar ketika cinta bersemi, maka harus berbuah surga. Tapi bagaimana jika pohon itu belum mampu berbuah? Yuk, kita dengarkan bagaimana Ketika Rumput Bertasbih….

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , ,

Lukisan Kehidupan

Sudah lama ada rasa yang menghinggap di jemari, namun saya kehilangan kekuatan untuk menjatuhkannya pada tuts putih notebook kesayangan. Kini rasa itu makin membucah, hingga merelakan waktu yang tersisa untuk mengumpulkan mozaik-mozaik rasa itu dan menggantungkannya di rumah maya ini.

Sejak tiga bulan yang lalu, ada berbagai rasa yang menghampiri jiwa. Dan hari ini benar-benar terakumulasi dahsyat. Beberapa rasa dapat saya terjemahkan dalam kata, namun lebih banyak tidak mampu saya kemuka. Bukan perkara besar kecilnya rasa itu. Melainkan karena rasa adalah sesuatu yang tak mampu diraba dan dicerna mata, yang terkadang hanya bisa dirasa hingga rasa itu mengemuka menjadi sebuah gerak nyata.

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Personal, , , , , , , , , , , ,

Sisa Bulan Menjemput Cita 2009

Sudah sepertiga tahun berlalu
Masih banyak cita yang belum nyata
Maaf jika sekarang jarang muncul di sini
Salam cinta untuk sahabat-sahabat maya Insan.

insansains 2009Click the picture above to zoom

Filed under: Personal, , , , , ,

Laman

Tulisan Teratas

Arsip

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Insan’s Projects

Insan Sains Projects

RSS Insan Sains Projects

Insan at Forum Sains

Insan Sains @ ForSa

RSS Forum Sains

  • Re:Pengembangan Media Pembelajaran Online untuk Sains 19 Februari 2018
    Bisa saja sih menurut gue, tapi mungkin perkembangannya agak lama, apalagi untuk guru-guru yang berada di luar daerah / pelosok. Kecuali pemerintah kita mau keluarin effort yang lumayan buat mereka para guru ini hehe
  • Re:Out of Body Experience 19 Februari 2018
    Astral Projection, banyak temen gue yang sering ngalamin hal kayak gini hahahaDan emang yang mereka temuin itu bisa dibilang serem-serem sih, tapi banyak pengalaman baru yang bisa mereka dapatkan dari kejadian ini haha
  • Re:Mekanika Kuantum 18 Februari 2018
    Berbagi (sharing) artinya menceritakan pengalaman anda dalam pemakaian mekanika kuantum.Misalnya pemakaian mekanika kuantum untuk menerangkan gejala paranormal.
  • Re:Mekanika Kuantum 18 Februari 2018
    Apa mungkin maksud sebenarnya adalah "berbagi"?
  • Re:Interferensi? 18 Februari 2018
    Kemungkinan pola yang teramati di atas adalah hasil difraksi berkas laser oleh pixel layar komputer. Jadi mungkin lebih tepat jika dikatakan sebagai difraksi dibanding interferensi sebab difraksi adalah konsekuensi dari sifat interferensi cahaya yang l...