Para Pencari Ilmu & Hikmah

Ikon

Pencarian Tanpa Henti di Ujung Nafas yang Dititipkan

Menyiram yang Gersang

*telah dipublikasikan di Pelangi Ramadhan (Facebook Group)*

umaya

Apa kabar sahabat Pelangi Ramadhan?

Alhamdulillah pintu gerbang Rajab sudah di depan mata. Sebulan kemudian, Sya’ban, dan akhirnya tibalah Ramadhan (insyaAllah). Ada yang tergetar hatinya mendengar kalimat ini, ada yang biasa saja. Tapi itulah pelangi rasa kita. Tidak mesti semuanya sama setiap hari, atau setiap bulannya. Kadang kala perlu berganti-ganti agar terlihat indah keseluruhan.

Di minggu ke-empat ini, kembali Pelangi Ramadhan menghadirkan tulisan pekanannya. Kali ini sengaja saya kutipkan potongan naskah dari buku yang mudah-mudahan Allah mengijinkan untuk terbit sebelum tiba Ramadhan tahun ini.

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Filed under: ramadhan, Renungan, , , , , , , , ,

Aku Sahabatmu… [Movie]

Kalo lagi kehabisan ide nulis, bikin-bikin video kayak gini nie… ^_^

*** Upss… baru tahu ternyata format audio di WMV tidak dikenal sama si Youtube…

Maaf.. maaf… *specialy buat Wi3nd*

Videonya sedang di upload lagi…. ^_^

Filed under: Renungan, , , ,

[Pelangi Ramadhan] Pesan Islami Yang Tak Syar’i

Apa kabar sahabat sekalian?

Kembali, Pelangi Ramadhan menghadirkan tulisan pekanan. Yang kali ini kita telah memasuki pekan ke-3 sejak group ini dilaunching. Di pekan ke-3 ini kita akan sedikit menyinggung tentang pesan-pesan, iklan-iklan, spanduk-spanduk, pamflet-pamflet yang bernuansa mengajak pada kebajikan, namun jika ditelaah lebih dalam ternyata di dalamnya mengandung unsur kekeliruan.

Berkah selalu diidentikkan dengan keberuntungan. Meski tidak sepenuhnya tepat, banyak orang mengejar berkah, terlebih pada saat bulan ramadhan tiba. Bukan hanya bagi kita yang berpuasa saja, melainkan bagi mereka-mereka yang tidak mempunyai kepentingan dengan puasa pun ikut-ikutan ingin mengejar berkah ramadhan alias (dalam pengertian sempit) meraup untung sebesar-besarnya.

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , , , ,

[Pelangi Ramadhan] Berbekal

Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuat-nya untuk hari esok (akhirat); dan ber-takwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Hasr,59:18)

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , ,

[Pelangi Ramadhan] Ruang dan Puasa

*Facebook Groups – Pelangi Ramadhan*

Ada tiga ruang yang membungkus kehidupan kita. Pertama, kita mengenal sebuah ruang yang kita namai ruang sejarah. Ruang hidup yang telah terjadi. Ruang yang menyimpan ribuan peristiwa, yang tak setitik pun kebahagiaan di ruang ini bisa kembali, dan tak secuil pun kesedihan yang telah terjadi akan datang lagi. Semua rasa itu telah terkunci rapat. Inilah ruang dalam hidup kita yang mau tidak mau hanya menjadi kenangan dan flash back dalam benak. Seberapa pun kita menginginkan kembali pada ruang sejarah ini, dan betapapun kita ingin mengubah apa yang telah diperbuat, niscaya merupakan kesia-siaan belaka. Karena ruang hidup kita telah di desain berjalan maju sebagaimana yang kita alami saat ini.
Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , ,

Lentera Malam

“Siapa diantara kamu yang melihat kemungkaran, maka ubahlah hal itu dengan tangannya, apabila tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya. Dan bila sudah tidak mampu, maka ubahlah dengan hatinya. Dan demikian itu adalah selemah-lemah iman” (HR. Muslim)

Minggu malam kemarin saya pergi merapihkan rambut yang sudah panjang. Tidak nyaman rasanya memiliki rambut panjang. Mesti selalu menyisir setelah basuhan wudhu ke kepala memberantakkan sisiran rapihnya. Juga tidak nyaman dengan rambut halus yang sudah menyambung jambang di pinggir telinga dengan jenggot yang makin melebat. Temen kantor bilang sudah mirip Wolferine. Akhirnya malam itu pun saya pergi ke tukang pangkas rambut. (Btw meskipun namanya pangkas rambut “SAHABAT” tapi tetap saja kok harus bayar ya? ^_^ )

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , , , , , , ,

Ketika Rumput Bertasbih

Sejak film KCB (Ketika Cinta Bertasbih) digarap, telinga saya nyaris bosan mendengar kata-kata “KCB”. Mulai dari brosur, pamplet, kegiatan dan foto-foto saat audisi, make up artis, kaos-kaos, rencana launching, road show, press conference dan segala macamnya yang mau tidak mau saya dengar dan tidak sengaja saya baca. Seandainya saya bukan bintang KCB. Eh.. yang ini mah gak usah berandai-andai, lah wong saya memang bukan bintangnya kok. 😀

Tulisan saya ini bukan hendak memperbincangkan Cinta yang bertasbih. Karena saya sendiri tidak mengerti bagaimana tasbihnya cinta itu. Yang jelas kita mesti bersiap-siap agar ketika cinta bersemi, maka harus berbuah surga. Tapi bagaimana jika pohon itu belum mampu berbuah? Yuk, kita dengarkan bagaimana Ketika Rumput Bertasbih….

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , ,

Menanti Sayap Mengepak [Indonesian Version]

Jangan cintai orang yang tidak mencintaimu.
Tapi cintailah orang yang tulus mencintaimu.

Kalimat diatas saya temukan terpasang pada kaca metromini reot yang saya tumpangi beberapa tahun silam. Guru saya Aa Gym pernah berpesan, “kemana pun nanti mengembara, hikmah pasti ada di sana. Maka bukalah mata, bukalah telinga, dan bukalah hati. Bisa jadi hikmah itu ada pada bangkai atau pada orang yang kita benci sekalipun”.

Berbicara tentang “cinta” berarti berbicara tentang dua hati. Karena tak sempurna bila cinta itu hanya mengepak sebelah sayap. Mesti ada sayap lain yang mengepak seirama sehingga mampu membumbung hati menjemput senyum di langit bahagia. Sama seperti sepasang kaki. Tak akan mampu berlari jika ayunan kaki yang satu tak bersambut ayunan kaki yang lain.

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , , ,

Menanti Sayap Mengepak [Sundanese Version]

“Ulah mikacinta jalma nu pantrang micinta
Namung pikacinta jalma nu tulus micinta”

Kecap diluhur pribados pendakan tina kaca metromini reot nu pernah pribados taekan sababaraha taun kapungkur. Guru pribados, Aa Gym pernah ngawurukan yen cenah “kamana wae anjeun ngumbara, hikmah teh pasti aya di dinya. Kumargi kitu pek buka soca, buka dadanguan, buka hate. Hikmah tiasa dicomot tina bangke atanapi ti jalma nu ku anjeun pikasebel”.

Nyarios perkawis “Cinta” hartosna nyarios perkawis dua hate. Kusabab teu sampurna upami cinta mung meber hiji jangjang. Kedah aya jangjang nu sanes nu meber sairama nu matak tiasa ngabumbung hate nyampeur imut di langit bagja. Sapertos sapasang sampean. Aya nu katuhu aya nu kenca. Moal tiasa lumpat upami hiji ayunan teu disampeur ku ayunan sampean nu sanes.

Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , , , , , , , , , , , ,

Kasihku, Inilah Istanaku…!

Video berikut adalah buah karya sahabat saya yang bernama, Ipang Wahid. Seorang ayah yang berdakwah melalui media visual. Banyak karya-karyanya yang menggugah sekalipun itu sebatas cuplikan video yang tak lebih dari 3 menit. Video-video multimedianya benar-benar orisinil, kreatif, dan mampu memberikan daya sentuh yang luar biasa untuk menghembuskan kebenaran tanpa menggurui. Terima kasih mas Ipang untuk semua karya-karyanya untuk negeri ini. Saya masih menunggu karya-karya selanjutnya…

Bersilaturahimlah ke rumahnya di www.ipangwahid.com

Berikut salah satu video yang amat membekas di hati saya. Bercerita tentang negeri kita yang sedang “sakit” namun visualisasi dan gaya bahasanya elegan sehingga tidak terkesan “mencibir”. Baca entri selengkapnya »

Filed under: Renungan, , , ,

Laman

Arsip

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Insan’s Projects

Insan Sains Projects

RSS Insan Sains Projects

Insan at Forum Sains

Insan Sains @ ForSa

RSS Forum Sains

  • Re:osn fisika 20 Oktober 2017
    Tergantung, untuk seleksi tingkat kabupaten/ kota (OSK) biasanya materinya cuman Mekanika. Tapi kalau udah naik tingkat sampai provinsi atau nasional materinya makin nambah kayak listrik magnet, optik, panas dan termo sampai Fisika Modern. Selamat berj...
  • Re:(Pertanyaan) Materi pra-kalkulus fraksional 19 Oktober 2017
    simak pemakaian kalkulus fraksional :https://en.wikipedia.org/wiki/Fractional_calculus[ Invalid YouTube link ]
  • Re:Penyakit Misterius yang Tidak pernah Didengar 17 Oktober 2017
    kuru itu penyakit karena prion sebenarnya. kanibalismenya sendiri menyebarkan prion karena yang dimakan adalah otak orang-orang yang meninggal karena kuru (fun fact, kanibalisme di kebudayaan Fore maksudnya nggak makan orang hidup-hidup, tapi habis pem...
  • Re:Siapa Bilang Tumbuhan Tidak Punya Otak? 17 Oktober 2017
    menurut kbbi, otak:n benda putih yang lunak terdapat di dalam rongga tengkorak yang menjadi pusat saraf; benak: n alat berpikir; pikiran; benak: tajamotak yang dimaksud di sini pusat saraf kan ya? walaupun tanaman bisa mentransfer sinyal dengan pote...
  • Re:Tumbuhan Bisa Tahu, Siapa yang Menyantap Dirinya 17 Oktober 2017
    ada indikasi juga kalo tanaman bisa mendeteksi suara atau getaran, misalnya akar tumbuh ke arah pipa yang mengalirkan air, Arabidopsis menghasilkan racun saat diperdengarkan suara kunyahan ulat dsb. Makanya polusi suara sebenarnya berdampak buruk juga ...